Disrupsi Teknologi di Pemerintahan
December 2, 2020IT Support – Peran Manajemen Jaringan pada Akselerasi Digital
December 11, 2020Departemen teknologi informasi berperan penting untuk menjamin kelancaran proses bisnis di sebuah perusahaan atau organisasi. Saat ini proses bisnis memiliki ketergantungan akan sistem teknologi informasi yang termanajemen dengan baik. Seperti ketika adanya masalah di sistem jaringan yang mengalami gangguan, produktivitas pegawai akan menurun karena peran jaringan internet broadband tidak bisa terlepaskan dari kehidupan pegawai.
Apa itu managed services?
Persoalan yang sering kita lupakan adalah tidak adanya mitigasi dari sistem teknologi informasi. Ketika adanya gangguan, salah satunya saat jaringan yang terhambat akibat adanya hambatan teknis dan non teknis, akan sangat menghambat sistematika kerja para pegawai. Dengan pelayanan managed services, klien tidak perlu takut dengan waktu downtime yang lama. Para tim IT Support dari BNET akan melakukan pemonitoran secara remote dan melakukan langkah proaktif untuk menentukan solusi yang applicable. Jika dibutuhkan, tim IT Support dari BNET akan melakukan site visit untuk mengganti atau merawat perangkat dari klien yang mengalami masalah. Managed IT Services merupakan layanan maintenance dan penyelesaian masalah teknologi informasi yang disediakan oleh perusahaan pihak ketiga (outsource) dengan men
Sebagai bentuk prime service kepada klien, pemonitoran dan perawatan setiap perangkat yang dilakukan secara remote menggunakan perangkat pemonitoran terkini untuk menjamin perangkat dan sistem dari klien berjalan dengan lancar. Sistem Dashboard yang terintegrasi dengan sistem pelacakan otomatis dan kehadiran para tim teknis mampu melakukan troubleshoot dan menyelesaikan setiap isu sebelum benar-benar berdampak kepada bisnis secara langsung. Beberapa tren pelayanan managed services di tahun 2020 menitikberatkan otomasi penyelesaian masalah dengan sistem berbasiskan artificial intelligence bahkan sebelum isu itu muncul.
Beberapa otomasi sering memiliki kelemahan, salah satunya ketidakmampuan untuk melacak perangkat keras, salah satunya hard drives yang mulai menurun performanya ataupun rusak akibat penggunaan yang sudah cukup lama. Sistem dari BNET dapat mengantisipasi permasalahan ini, dan semakin dimaksimalkan dengan hadirnya tim it support yang siap sedia 24 jam untuk mengecek secara langsung log files mana yang bermasalah, melakukan pencadangan data para klien sebelum perangkat tidak bisa digunakan kembali, dan memberi instruksi untuk melakukan pembelian perangkat baru.
Di sini kita bisa melihat peran pelayanan managed services provider (MSP) sangat fundamental dalam menjaga keteraturan proses kerja perusahaan berjalan. Sebuah konsep Manajemen Teknologi Informasi Proaktif meminimalisir dan bahkan mengurangi kerugian jika adanya jaringan yang down, kemungkinan adanya peretasan data yang berdampak pada tergerusnya reputasi perusahaan, dan minimnya masalah teknologi di perusahaan dapat meningkat moral pegawai. Proaktifnya perusahaan untuk secara teratur memantau kondisi hardware dan software yang dimiliki berujung pada lebih awetnya kondisi barang.
IT Support pada Managed Services
Peran IT Support tidak dapat terpisahkan dalam memberikan pelayanan end-to-end kepada klien. Tim IT Support selain berperan untuk memonitor secara real-time seluruh perangkat klien, mereka juga berperan untuk membantu mengelola atau maintenance perangkat atau infrastruktur IT, termasuk beberapa perannya meliputi, instalasi dan pemasangan perangkat baru, Melakukan perbaikan untuk perangkat yang malfungsi, dan melakukan upgrade pada system perangkat yang membutuhkan pembaruan system. Tidak berhenti di situ, tim IT Support juga berperan untuk meningkatkan ketergunaan perangkat termasuk performa setiap perangkat yang terintegrasi pada sistem IT terpusat. Para profesional IT Support juga berperan penting untuk melakukan identifikasi permasalahan apa saja yang sering terjadi pada sistem perangkat keras perusahaan. Mereka memberikan konsultasi dan analisa yang menyeluruh sehingga performa perusahaan dapat ditingkatkan. Keamanan sebuah sistem selain dapat dimonitor secara real-time, penganalisaan secara komprehensif dengan melihat situasi kondisi di lapangan dan proses alur-kerja penginputan data menjadi core idea dari peran tim IT Support.
IT Dibutuhkan saat Ada Masalah yang Muncul
Kita sangat jamak melihat perusahaan atau organisasi yang menggunakan jasa tim IT profesional hanya saat ada masalah yang muncul. Konsep ini jika dilihat memang masuk akal, namun padahal jika dilihat lebih mendalam cara ini lebih menghabiskan banyak pembiayaan dibandingkan dengan tim IT Support yang melakukan maintenance secara berkala pada perangkat hardware & software. Kebiasaan ini membuat pembiayaan meningkat, melihat adanya biaya konsultasi, perbaikan, dan durasi bekerja. Bahkan biaya yang dibebankan lebih tinggi dibanding yang biasa karena tekanan organisasi untuk menyelesaikan isu cukup ketat.
Pelayanan managed services profesional dapat mengurangi biaya-biaya yang tidak dapat diprediksi dan mengurangi jumlah biaya yang cukup tinggi. Hal ini disebabkan setiap langkah dan solusi yang diambil oleh Tim IT Support akan sangat mempertimbangkan beberapa opsi dan solusi yang sesuai agar masalah tidak muncul kembali di masa mendatang. Tim IT Support dari pelayanan managed services profesional akan melakukan diagnosa secara berkala setiap perangkat.