Internet Murah: 5 Trik Hemat Kuota di Android

Internet memang sudah menjadi hal penting dan dibutuhkan dalam kehidupan masyarakat pada jaman sekarang, bahkan internet sudah menjadi hal krusial. Bukan hanya Internet Murah namun yang berkualitas-lah yang pasti di cari oleh hampir semua kalangan orang, namun pada kenyataannya hal tersebut di Indonesia masih merupakan mimpi yang masih belum terwujud.  Untuk saat ini, kecepatan Internet yang paling tinggi, untuk perbandingan negara di Asia, masih di duduki oleh Korea dengan kecepatan 47.36 MBps, bisa di bayangkan seberapa cepat jika anda mengunduh file yang berukuran beberapa GB, di Indonesia membutuhkan beberapa jam agar seluruh download bisa complete?

Lalu apakah Internet di Korea bisa di katakan Internet Murah?

mari kita lihat perbandingan kedua gambar berikut :

Internet Murah

di atas adalah tarif berlangganan paket data dari salah satu Provider di Indonesia, saya yakin anda semua pasti tahu.

Bisa di lihat Harga Paket 2GB hanya 65 ribu rupiah dengan masa aktif 30 hari,

lalu coba lihat gambar berikut :

Internet murah

Di Korea harga paket 2GB perbulan adalah 22,500 Won atau kalau di convert ke mata uang Indonesia sekitar Rp. 254.467,54. Sepintas jauh lebih mahal di Korea kan?

Mari kita bandingkan dengan memasukan variabel-variabel lain, mahal atau tidak nya itu ditentukan dengan kemampuan seseorang untuk membeli.

Pendapatan per Kapita di korea selatan, data tahun 2014 adalah 25,976$ sedangkan di Indonesia 3,475$, jauh kan? alias pendapatan per kapita Korea selatan adalah 7 kali lipat dari Indonesia, waw banget kan ??

Nah untuk mengetahui kemampuan rakyat Korea Selatan dan Indonesia dalam membeli paket Internet di atas, maka kita coba menggunakan rumus { ( harga paket / (GDP Per Kapita / 12) ) * 100 }.

Indonesia: (4.89 / (3475/12)) * 100 = 1,6%
Korea Selatan: (20.46 / (25976/12)) * 100 = 0,94%

Ketemu kan, ternyata Indonesia mengeluarkan uang lebih mahal dari Korea selatan, dalam pembelian paket Internet.

7 Trik Internet Murah di Android

Jadi, Indonesia belum bisa di katakan memiliki harga Internet Murah jika mengacu pada perhitungan di atas, bahkan masih jauh untuk di katakan memiliki   predikat seperti itu. Mungkin ada beberapa orang (bisa jadi termasuk anda :p) yang apabila sehari saja tidak bisa menyambung ke Internet akan merasa Bad Mood, namun pemakaian kuota data internet berbanding terbalik dengan harganya. semakin cepat koneksi, semakin mahal harga yang di tawarkan oleh provider.

Agar menjadi hemat kuota, berikut saya coba berikan Trik penggunaan Internet di Android

1. Membatasi Penggunaan Mobile Data dan Mengaktifkan Peringatan Penggunaannya.

Internet Murah

Ini adalah fitur standar bawaan (built-in) dari hp android, manfaatkan fitur ini sebagai warning penggunaan kuota, setidaknya ini akan membuat kita lebih berhati-hati dalam pemakaian agar kuota tidak habis sebelum masa aktif berkahir.

Untuk menggunakan fitur ini bisa dengan cara berikut Settings > Data usage > Celular data > Set cellular data limit. Tap untuk mengaktifkannya.

2. Nonaktifkan atau Uninstall aplikasi yang tidak dipakai namun menggunakan data Internet.

Internet Murah

Gambar sumber Jalantikus

Trik Internet Murah selanjutnya adalah kita harus mengetahui beberapa aplikasi yang memang sengaja dibuat langsung bisa terkoneksi Internet, entah itu untuk keperluan update atau untuk keperluan apapun. Namun bila tidak kita gunakan, hanya akan memperlambat dan menguras kuota data internet kita, contoh nya jika kita tidak sedang menggunakan chat atau tidak ingin di ganggu dengan aplikasi Instan Messenger apapun, cobalah untuk menonaktifkan aplikasi tersebut.

3. Batasi aplikasi yang berjalan di latar.

Internet Murah

Gambar sumber Jalantikus

Ini adalah salah satu faktor yang membuat terkadang banyak orang kurang pahami, ada beberapa aplikasi yang berjalan di latar dan langsung terkoneksi Internet. Di trik Internet Murah selanjutnya, coba anda manfaatkan fitur pembatasan aplikasi yang mengakses internet dari latar. Untuk membatasinya kamu bisa masuk ke menu Settings > Data Usage > Tap tiga garis vertikal di kanan atas > Restrict background data > OK. Namun perlu diketahui, dengan mengaktifkan fitur tersebut, berarti anda menonaktifkan semua aplikasi yang mengakses internet dari latar, tentu akan menghambat atau bahkan membuat aplikasi tersebut tidak berjalan.

4.  Setting Update Aplikasi hanya ketika terkoneksi WI-Fi.

Internet Murah

Gambar sumber Jalantikus

Google Play adalah layanan konten digital milik Google yang melingkupi toko daring untuk produk-produk seperti musik/lagu, buku, aplikasi, permainan, ataupun pemutar media berbasis awan. Layanan ini dapat diakses baik melalui web, aplikasi android (Play Store), dan Google TV. Nah bagi anda yang sering download aplikasi menggunakan aplikasi play store, maka Hp akan otomatis meng-update aplikasi-aplikasi yang terinstal di situ, walaupun hanya sekitar 1-20MB saja, bayangkan jika aplikasi yang terinstal dan ada update dari Developer nya sekitar 20 aplikasi? sudah membuat kuota kita menipis banyak. Trik Internet Murah selanjutnya adalah dengan memanfaatkan setting pada play store hanya update aplikasi ketika terkoneksi wifi saja.

Untuk mengaktifkannya kamu bisa masuk ke Play Store dan pilih menu Settings > Auto-update apps > Auto-update apps over WiFi Only.

5. Memanfaatkan fitur “Data Saver” pada perambaan google chrome.

Internet Murah

Perambaan Chrome (browser google chrome) adalah aplikasi perambaan dari google. pada trik Internet Murah yang terakhir adalah bagi pengguna browser chrome. dapat memanfaatkan fitur Data saver. Untuk mengaktifkan fitur ini kamu bisa pergi ke menu Settings > Data Saver > ON.  Fitur ini bisa menekan pemakaian kuota sampai 50% dari pemakaian normal.



1 Comment

Leave a Reply